Sabtu, 10 September 2011

acara halal bi halal badko TPQ kec Batang

Halal Bihalal dan silaturrahmu ustad dan ustadzah TPQ sekecematan batang  bertempat di TPQ Ar Rahmah Klidang wetan batang

RPP Bahasa Arab Kelas III


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah             : SDIT Permata Hati Batang
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Kelas/Semester            : III / I
Tema                           :    óPBòÃAòËBòÎòZ»ôAò  ( Binatang – binatang   ) 
Pertemuan Ke-            :
Alokasi Waktu            : 6  jam pelajaran (6 × 30 menit)

I. Standar Kompetensi
1.      Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau dialog tentang    óPBòÃAòËBòÎòZ»ôAò  ( Binatang – binatang   ) 
2.      Memahami wacana tertulis tentang  óPBòÃAòËBòÎòZ»ôAò  ( Binatang – binatang   ) 
3.      Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana   óPBòÃAòËBòÎòZ»ôAò                 ( Binatang – binatang   ) 

II. Kompetensi Dasar

1.      Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, kalimat) tentang  óPBòÃAòËBòÎòZ»ôAò                   ( Binatang – binatang   ) 
2.      Memahami makna kata dan informasi tentang  óPBòÃAòËBòÎòZ»ôAò  ( Binatang – binatang   ) 
3.      Melakukan dialog sederhana tentang  :    óPBòÃAòËBòÎòZ»ôAò  ( Binatang – binatang   ) 
4.      Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang  óPBòÃAòËBòÎòZ»ôAò                     ( Binatang – binatang   ) 
5.      Melafalkan huruf hijaiah, kata, kalimat, dan wacana tertulis tentang  óPBòÃAòËBòÎòZ»ôAò                ( Binatang – binatang   ) 
6.      Menemukan makna, gagasan, atau ide wacana tertulis tentang  óPBòÃAòËBòÎòZ»ôAò                                   ( Binatang – binatang   ) 
7.      Menyalin kata, kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang  :    óPBòÃAòËBòÎòZ»ôAò  ( Binatang – binatang   ) 
III. Indikator
  1. Mampu mengidentifikasi gagasan utama dari teks yang dibacakan/diucapkan
  2. Mampu menceritakan kondisi lingkungan rumah kepada orang lain
  3. Mampu melakukan dialog sederhana tentang óPBòÃAòËBòÎòZ»ôAò  ( Binatang – binatang   ) 
  4. Mampu menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang :    óPBòÃAòËBòÎòZ»ôAò  ( Binatang – binatang   ) 
  5.  Mampu membaca bacaan tentang óPBòÃAòËBòÎòZ»ôAò  ( Binatang – binatang   ) 
  6.  Mampu menangkap makna, gagasan, atau ide dalam bacaan tentang óPBòÃAòËBòÎòZ»ôAò                 ( Binatang – binatang   ) 
  7. Mampu menulis kalimat óPBòÃAòËBòÎòZ»ôAò  ( Binatang – binatang   )  dengan pemenggalan dan ejaan  yang tepat
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu memahami teks berbahasa Arab serta dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru dan teman dalam bahasa Arab terkait dengan tema    óPBòÃAòËBòÎòZ»ôAò  ( Binatang – binatang   ) 

V. Materi Ajar
1. Hafalan kata-kata (mufradat) tentang  óPBòÃAòËBòÎòZ»ôAò  ( Binatang – binatang   ) 
2. Bacaan guru tentang  óPBòÃAòËBòÎòZ»ôAò  ( Binatang – binatang   ) 
3. Percakapan tentang  óPBòÃAòËBòÎòZ»ôAò  ( Binatang – binatang   ) 
4. Bacaan siswa tentang  óPBòÃAòËBòÎòZ»ôAò  ( Binatang – binatang   ) 
5. Latihan menulis dan menerjemahkan kalimat-kalimat tentang  óPBòÃAòËBòÎòZ»ôAò                                 ( Binatang – binatang   ) 

VI. Metode Pembelajaran
1.   Contoh
2.   Tanya jawab
3.    Latihan
4.    Penugasan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
          1. Kegiatan Awal
a. Guru mengawali kegiatan dengan membaca basmalah dan berdoa  bersama.
b. Guru meminta siswa membaca teks bacaan dalam hati.
c. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai  teks bacaan yang dibacanya.
d. Guru mengarahkan siswa kepada suatu pemikiran mengenai tema  yang dimaksud dalam teks   bacaan.
          2. Kegiatan Inti
 a. Menyimak (Istimw‘)
1) Guru membaca teks dengan suara jelas di depan kelas.
2) Guru meminta siswa mendengarkan bacaannya dengan saksama.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan meminta siswa  menuliskan beberapa kalimat dari     teks yang dibacakannya. 
4) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan.
5) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai.
b. Berbicara (Mupwdafah)
1) Guru meminta siswa membaca teks percakapan di dalam hati.
2) Guru menjelaskan inti sari teks percakapan kepada siswa secara  singkat.
3) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pronunciation (pelafalan) yang tepat.
4) Guru meminta beberapa siswa mempraktikkan percakapan di depan kelas sesuai dengan jumlah tokoh yang ada dalam bacaan.
5) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks  percakapan.
6) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh  melengkapi percakapan dengan kata yang sesuai.
7) Guru meminta siswa membuat percakapan mengenai situasi  yang disediakan.
8) Setelah selesai, guru meminta siswa memerankan percakapan  yang telah dibuatnya.
 c. Membaca (Qirw’ah)
1) Guru meminta siswa membaca teks qirw’ah dalam hati.
2) Guru membimbing siswa untuk menemukan kalimat utama  dan kalimat-kalimat penjelas pada tiap paragraf teks.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan mengarahkan siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan dari bacaan.
4) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring  dengan pelafalan yang tepat.
5) Guru meminta siswa membuat kalimat dengan kata-kata yang  disediakan.
6) Guru meminta siswa menceritakan keadaan rumahnya dengan  bahasa yang baik dan benar.
d. Menulis (Kitwbah)
1) Guru meminta siswa menyusun kata-kata dari sebuah kalimat  yang urutannya telah diacak    menjadi sebuah kalimat yang  sempurna.
    2) Guru meminta siswa melengkapi kalimat dengan kata yang   sesuai.
    3) Guru meminta siswa menyusun kalimat yang sempurna dari  sebuah kata yang telah disediakan.
    4) Guru meminta siswa menerjemahkan kalimat dalam bahasa  Arab ke dalam bahasa Indonesia    atau sebaliknya. 
 3. Kegiatan Akhir
  a. Melakukan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan belajar.
  b. Guru mengajak siswa mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan  tema
  c. Guru meminta siswa membuat portofolio yang berisi rangkuman  mengenai hal-hal yang telah          mereka pelajari dan yang telah mereka  pahami.
VIII. Sumber/Bahan/Alat
1.      Buku Bahasa Arab SD/ MI  Sunaryo Putro Terbitan Pustaka Insani Madani .Jl Maguwoharjo Depok Sleman Jogjakarta
2.      White board,spidol,karton untuk gambar buku bahasa arab kelas Tiga
3.      Buku – buku lain yang relevan .
IX. Penilaian/Bentuk Evaluasi
a. Tes Lisan
     Siswa diminta menjelaskan nama – nama hewan   dengan lancar.
b. Tes Tertulis
     Guru memberikan beberapa soal tertulis tentang nama hewan – hewan yang
telah dipelajari.


Batang ,10 Agustus  2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Permata Hati                                                   Guru Bahasa Arab
           




Suharti. SPd                                                                                        Nur SalimALH,SHI















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah             : SDIT Permata Hati Batang
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Kelas/Semester            : III / I
Tema                           :  óÉø·AòÌò°»ôAò  ( Buah – buahan    ) 
Pertemuan Ke-            :
Alokasi Waktu            : 6  jam pelajaran (6 × 30 menit)

I. Standar Kompetensi
1.      Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau dialog tentang     óÉø·AòÌò°»ôAò  ( Buah – buahan    ) 
2.      Memahami wacana tertulis tentang   óÉø·AòÌò°»ôAò  ( Buah – buahan    ) 
3.      Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana    óÉø·AòÌò°»ôAò                   ( Buah – buahan    ) 
II. Kompetensi Dasar
1.      Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, kalimat) tentang              
2.      óÉø·AòÌò°»ôAò  ( Buah – buahan    ) 
3.      Memahami makna kata dan informasi tentang   óÉø·AòÌò°»ôAò  ( Buah – buahan    ) 
4.      Melakukan dialog sederhana tentang   óÉø·AòÌò°»ôAò  ( Buah – buahan    ) 
5.      Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang                    óÉø·AòÌò°»ôAò  ( Buah – buahan    ) 
6.      Melafalkan huruf hijaiah, kata, kalimat, dan wacana tertulis tentang                                 ó óÉø·AòÌò°»ôAò ( Buah – buahan    ) 
7.      Menemukan makna, gagasan, atau ide wacana tertulis tentang                                           óÉø·AòÌò°»ôAò  ( Buah – buahan    ) 
8.      Menyalin kata, kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang  :    óÉø·AòÌò°»ôAò  ( Buah – buahan    ) 
III. Indikator
1.      Mampu mengidentifikasi gagasan utama dari teks yang dibacakan/diucapkan
2.      Mampu menceritakan kondisi lingkungan rumah kepada orang lain
3.      Mampu melakukan dialog sederhana tentang  óÉø·AòÌò°»ôAò  ( Buah – buahan    ) 
4.      Mampu menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang :    óÉø·AòÌò°»ôAò  ( Buah – buahan    ) 
5.       Mampu membaca bacaan tentang  óÉø·AòÌò°»ôAò  ( Buah – buahan    ) 
6.       Mampu menangkap makna, gagasan, atau ide dalam bacaan tentang  óÉø·AòÌò°»ôAò  ( Buah – buahan    ) 
7.      Mampu menulis kalimat  óÉø·AòÌò°»ôAò  ( Buah – buahan    )  dengan pemenggalan dan ejaan  yang tepat
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu memahami teks berbahasa Arab serta dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru dan teman dalam bahasa Arab terkait dengan tema     óÉø·AòÌò°»ôAò  ( Buah – buahan    ) 
V. Materi Ajar
1. Hafalan kata-kata (mufradat) tentang   óÉø·AòÌò°»ôAò  ( Buah – buahan    ) 
2. Bacaan guru tentang   óÉø·AòÌò°»ôAò  ( Buah – buahan    ) 
3. Percakapan tentang   óÉø·AòÌò°»ôAò  ( Buah – buahan    ) 
4. Bacaan siswa tentang   óÉø·AòÌò°»ôAò  ( Buah – buahan    ) 
5. Latihan menulis dan menerjemahkan kalimat-kalimat tentang   óÉø·AòÌò°»ôAò  ( Buah – buahan    ) 
VI. Metode Pembelajaran
1.   Contoh
2.   Tanya jawab
3.    Latihan
4.    Penugasan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
          1. Kegiatan Awal
a. Guru mengawali kegiatan dengan membaca basmalah dan berdoa  bersama.
b. Guru meminta siswa membaca teks bacaan dalam hati.
c. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai  teks bacaan yang dibacanya.
d. Guru mengarahkan siswa kepada suatu pemikiran mengenai tema  yang dimaksud dalam teks   bacaan.
          2. Kegiatan Inti
 a. Menyimak (Istimw‘)
1) Guru membaca teks dengan suara jelas di depan kelas.
2) Guru meminta siswa mendengarkan bacaannya dengan saksama.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan meminta siswa  menuliskan beberapa kalimat dari     teks yang dibacakannya. 
4) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan.
5) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai.
b. Berbicara (Mupwdafah)
1) Guru meminta siswa membaca teks percakapan di dalam hati.
2) Guru menjelaskan inti sari teks percakapan kepada siswa secara  singkat.
3) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pronunciation (pelafalan) yang tepat.
4) Guru meminta beberapa siswa mempraktikkan percakapan di depan kelas sesuai dengan jumlah tokoh yang ada dalam bacaan.
5) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks  percakapan.
6) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh  melengkapi percakapan dengan kata yang sesuai.
7) Guru meminta siswa membuat percakapan mengenai situasi  yang disediakan.
8) Setelah selesai, guru meminta siswa memerankan percakapan  yang telah dibuatnya.
 c. Membaca (Qirw’ah)
1) Guru meminta siswa membaca teks qirw’ah dalam hati.
2) Guru membimbing siswa untuk menemukan kalimat utama  dan kalimat-kalimat penjelas pada tiap paragraf teks.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan mengarahkan siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan dari bacaan.
4) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring  dengan pelafalan yang tepat.
5) Guru meminta siswa membuat kalimat dengan kata-kata yang  disediakan.
6) Guru meminta siswa menceritakan keadaan rumahnya dengan  bahasa yang baik dan benar.
d. Menulis (Kitwbah)
1) Guru meminta siswa menyusun kata-kata dari sebuah kalimat  yang urutannya telah diacak    menjadi sebuah kalimat yang  sempurna.
    2) Guru meminta siswa melengkapi kalimat dengan kata yang   sesuai.
    3) Guru meminta siswa menyusun kalimat yang sempurna dari  sebuah kata yang telah disediakan.
    4) Guru meminta siswa menerjemahkan kalimat dalam bahasa  Arab ke dalam bahasa Indonesia    atau sebaliknya. 
 3. Kegiatan Akhir
  a. Melakukan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan belajar.
  b. Guru mengajak siswa mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan  tema
  c. Guru meminta siswa membuat portofolio yang berisi rangkuman  mengenai hal-hal yang telah          mereka pelajari dan yang telah mereka  pahami.
VIII. Sumber/Bahan/Alat
1.      Buku Bahasa Arab SD/ MI  Sunaryo Putro Terbitan Pustaka Insani Madani .Jl Maguwoharjo Depok Sleman Jogjakarta
2.      White board,spidol,karton untuk gambar buku bahasa arab kelas Tiga
3.      Buku – buku lain yang relevan .
IX. Penilaian/Bentuk Evaluasi
a. Tes Lisan
     Siswa diminta menjelaskan nama – nama  Buah   dengan lancar.
b. Tes Tertulis
     Guru memberikan beberapa soal tertulis tentang nama  Buah yang
telah dipelajari.


      Batang ,10 Agustus  2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Permata Hati                                                   Guru Bahasa Arab
           




Suharti. SPd                                                                                        Nur SalimALH,SHI

















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah             : SDIT Permata Hati Batang
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Kelas/Semester            : III / I
Tema                           :  ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
Pertemuan Ke-            :
Alokasi Waktu            : 6  jam pelajaran (6 × 30 menit)

I. Standar Kompetensi
1.      Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau dialog tentang     ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
2.      Memahami wacana tertulis tentang   ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
3.      Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana    ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò                (  Pepohonan Hijau  ) 
II. Kompetensi Dasar
1.      Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, kalimat) tentang              
ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  )
2.      Memahami makna kata dan informasi tentang   ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
3.      Melakukan dialog sederhana tentang   ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
4.      Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang                    ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
5.      Melafalkan huruf hijaiah, kata, kalimat, dan wacana tertulis tentang                                  ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
6.      Menemukan makna, gagasan, atau ide wacana tertulis tentang                                           ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
7.      Menyalin kata, kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang  :     ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
III. Indikator
1.      Mampu mengidentifikasi gagasan utama dari teks yang dibacakan/diucapkan
2.      Mampu menceritakan kondisi lingkungan rumah kepada orang lain
3.      Mampu melakukan dialog sederhana tentang  ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
4.      Mampu menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang :     ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
5.      Mampu membaca bacaan tentang  ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
6.       Mampu menangkap makna, gagasan, atau ide dalam bacaan tentang  ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò               (  Pepohonan Hijau  )
7.      Mampu menulis kalimat  ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  )  dengan pemenggalan dan ejaan  yang tepat



IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu memahami teks berbahasa Arab serta dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru dan teman dalam bahasa Arab terkait dengan tema     ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
V. Materi Ajar
1. Hafalan kata-kata (mufradat) tentang   ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
2. Bacaan guru tentang   ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 

3. Percakapan tentang   ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 

4. Bacaan siswa tentang   ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
5. Latihan menulis dan menerjemahkan kalimat-kalimat tentang   ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò                          (  Pepohonan Hijau  ) 
VI. Metode Pembelajaran
1.   Contoh
2.   Tanya jawab
3.    Latihan
4.    Penugasan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
          1. Kegiatan Awal
a. Guru mengawali kegiatan dengan membaca basmalah dan berdoa  bersama.
b. Guru meminta siswa membaca teks bacaan dalam hati.
c. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai  teks bacaan yang dibacanya.
d. Guru mengarahkan siswa kepada suatu pemikiran mengenai tema  yang dimaksud dalam teks   bacaan.
          2. Kegiatan Inti
 a. Menyimak (Istimw‘)
1) Guru membaca teks dengan suara jelas di depan kelas.
2) Guru meminta siswa mendengarkan bacaannya dengan saksama.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan meminta siswa  menuliskan beberapa kalimat dari     teks yang dibacakannya. 
4) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan.
5) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai.
b. Berbicara (Mupwdafah)
1) Guru meminta siswa membaca teks percakapan di dalam hati.
2) Guru menjelaskan inti sari teks percakapan kepada siswa secara  singkat.
3) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pronunciation (pelafalan) yang tepat.
4) Guru meminta beberapa siswa mempraktikkan percakapan di depan kelas sesuai dengan jumlah tokoh yang ada dalam bacaan.
5) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks  percakapan.
6) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh  melengkapi percakapan dengan kata yang sesuai.
7) Guru meminta siswa membuat percakapan mengenai situasi  yang disediakan.
8) Setelah selesai, guru meminta siswa memerankan percakapan  yang telah dibuatnya.
 c. Membaca (Qirw’ah)
1) Guru meminta siswa membaca teks qirw’ah dalam hati.
2) Guru membimbing siswa untuk menemukan kalimat utama  dan kalimat-kalimat penjelas pada tiap paragraf teks.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan mengarahkan siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan dari bacaan.
4) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring  dengan pelafalan yang tepat.
5) Guru meminta siswa membuat kalimat dengan kata-kata yang  disediakan.
6) Guru meminta siswa menceritakan keadaan rumahnya dengan  bahasa yang baik dan benar.
d. Menulis (Kitwbah)
1) Guru meminta siswa menyusun kata-kata dari sebuah kalimat  yang urutannya telah diacak    menjadi sebuah kalimat yang  sempurna.
    2) Guru meminta siswa melengkapi kalimat dengan kata yang   sesuai.
    3) Guru meminta siswa menyusun kalimat yang sempurna dari  sebuah kata yang telah disediakan.
    4) Guru meminta siswa menerjemahkan kalimat dalam bahasa  Arab ke dalam bahasa Indonesia    atau sebaliknya. 
 3. Kegiatan Akhir
  a. Melakukan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan belajar.
  b. Guru mengajak siswa mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan  tema
  c. Guru meminta siswa membuat portofolio yang berisi rangkuman  mengenai hal-hal yang telah          mereka pelajari dan yang telah mereka  pahami.
VIII. Sumber/Bahan/Alat
1.      Buku Bahasa Arab SD/ MI  Sunaryo Putro Terbitan Pustaka Insani Madani .Jl Maguwoharjo Depok Sleman Jogjakarta
2.      White board,spidol,karton untuk gambar buku bahasa arab kelas Tiga
3.      Buku – buku lain yang relevan .
IX. Penilaian/Bentuk Evaluasi
a. Tes Lisan
     Siswa diminta menjelaskan tentang pepohonan hijau dengan lancar.
b. Tes Tertulis
     Guru memberikan beberapa soal tertulis tentang pepohonan hijau  yang
telah dipelajari.


      Batang ,10 Agustus  2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Permata Hati                                                   Guru Bahasa Arab
           




Suharti. SPd                                                                                        Nur SalimALH,SHI















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah             : SDIT Permata Hati Batang
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Kelas/Semester            : III / I
Tema                           :  ø½@@@@ô@´úÄ»A ó½øÖBòmòË  (   Alat Transportasi   ) 
Pertemuan Ke-            :
Alokasi Waktu            : 6  jam pelajaran (6 × 30 menit)

I. Standar Kompetensi
4.      Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau dialog tentang     ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
5.      Memahami wacana tertulis tentang   ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
6.      Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana    ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò                (  Pepohonan Hijau  ) 
II. Kompetensi Dasar
8.      Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, kalimat) tentang              
ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  )
9.      Memahami makna kata dan informasi tentang   ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
10.  Melakukan dialog sederhana tentang   ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
11.  Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang                    ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
12.  Melafalkan huruf hijaiah, kata, kalimat, dan wacana tertulis tentang                                  ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
13.  Menemukan makna, gagasan, atau ide wacana tertulis tentang                                           ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
14.  Menyalin kata, kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang  :     ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
III. Indikator
8.      Mampu mengidentifikasi gagasan utama dari teks yang dibacakan/diucapkan
9.      Mampu menceritakan kondisi lingkungan rumah kepada orang lain
10.  Mampu melakukan dialog sederhana tentang  ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
11.  Mampu menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang :     ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
12.  Mampu membaca bacaan tentang  ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
13.   Mampu menangkap makna, gagasan, atau ide dalam bacaan tentang  ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò               (  Pepohonan Hijau  )
14.  Mampu menulis kalimat  ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  )  dengan pemenggalan dan ejaan  yang tepat
IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu memahami teks berbahasa Arab serta dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru dan teman dalam bahasa Arab terkait dengan tema     ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
V. Materi Ajar
1. Hafalan kata-kata (mufradat) tentang   ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
2. Bacaan guru tentang   ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 

3. Percakapan tentang   ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 

4. Bacaan siswa tentang   ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò (  Pepohonan Hijau  ) 
5. Latihan menulis dan menerjemahkan kalimat-kalimat tentang   ó•ÕAòjôzòZô»A óiBòU@ôqòÜôAò                          (  Pepohonan Hijau  ) 
VI. Metode Pembelajaran
1.   Contoh
2.   Tanya jawab
3.    Latihan
4.    Penugasan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
          1. Kegiatan Awal
a. Guru mengawali kegiatan dengan membaca basmalah dan berdoa  bersama.
b. Guru meminta siswa membaca teks bacaan dalam hati.
c. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai  teks bacaan yang dibacanya.
d. Guru mengarahkan siswa kepada suatu pemikiran mengenai tema  yang dimaksud dalam teks   bacaan.
          2. Kegiatan Inti
 a. Menyimak (Istimw‘)
1) Guru membaca teks dengan suara jelas di depan kelas.
2) Guru meminta siswa mendengarkan bacaannya dengan saksama.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan meminta siswa  menuliskan beberapa kalimat dari     teks yang dibacakannya. 
4) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan.
5) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai.
b. Berbicara (Mupwdafah)
1) Guru meminta siswa membaca teks percakapan di dalam hati.
2) Guru menjelaskan inti sari teks percakapan kepada siswa secara  singkat.
3) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pronunciation (pelafalan) yang tepat.
4) Guru meminta beberapa siswa mempraktikkan percakapan di depan kelas sesuai dengan jumlah tokoh yang ada dalam bacaan.
5) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks  percakapan.
6) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh  melengkapi percakapan dengan kata yang sesuai.
7) Guru meminta siswa membuat percakapan mengenai situasi  yang disediakan.
8) Setelah selesai, guru meminta siswa memerankan percakapan  yang telah dibuatnya.
 c. Membaca (Qirw’ah)
1) Guru meminta siswa membaca teks qirw’ah dalam hati.
2) Guru membimbing siswa untuk menemukan kalimat utama  dan kalimat-kalimat penjelas pada tiap paragraf teks.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan mengarahkan siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan dari bacaan.
4) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring  dengan pelafalan yang tepat.
5) Guru meminta siswa membuat kalimat dengan kata-kata yang  disediakan.
6) Guru meminta siswa menceritakan keadaan rumahnya dengan  bahasa yang baik dan benar.
d. Menulis (Kitwbah)
1) Guru meminta siswa menyusun kata-kata dari sebuah kalimat  yang urutannya telah diacak    menjadi sebuah kalimat yang  sempurna.
    2) Guru meminta siswa melengkapi kalimat dengan kata yang   sesuai.
    3) Guru meminta siswa menyusun kalimat yang sempurna dari  sebuah kata yang telah disediakan.
    4) Guru meminta siswa menerjemahkan kalimat dalam bahasa  Arab ke dalam bahasa Indonesia    atau sebaliknya. 
 3. Kegiatan Akhir
  a. Melakukan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan belajar.
  b. Guru mengajak siswa mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan  tema
  c. Guru meminta siswa membuat portofolio yang berisi rangkuman  mengenai hal-hal yang telah          mereka pelajari dan yang telah mereka  pahami.
VIII. Sumber/Bahan/Alat
1.      Buku Bahasa Arab SD/ MI  Sunaryo Putro Terbitan Pustaka Insani Madani .Jl Maguwoharjo Depok Sleman Jogjakarta
2.      White board,spidol,karton untuk gambar buku bahasa arab kelas Tiga
3.      Buku – buku lain yang relevan .
IX. Penilaian/Bentuk Evaluasi
a. Tes Lisan
     Siswa diminta menjelaskan tentang pepohonan hijau   dengan lancar.
b. Tes Tertulis
     Guru memberikan beberapa soal tertulis tentang pepohonan hijau  yang
telah dipelajari.


     Batang ,10 Agustus  2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Permata Hati                                                   Guru Bahasa Arab
           




Suharti. SPd                                                                                        Nur SalimALH,SHI
















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah             : SDIT Permata Hati Batang
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Kelas/Semester            : III / II
Tema                           :  ?  òOôÃòA ôÅò¿  (   Siapa kamu ? ) 
Pertemuan Ke-            :
Alokasi Waktu            : 6  jam pelajaran (6 × 30 menit)

I. Standar Kompetensi
1.      Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau dialog tentang     ?  òOôÃòA ôÅò¿  (   Siapa kamu ? ) 
2.      Memahami wacana tertulis tentang   ?  òOôÃòA ôÅò¿  (   Siapa kamu ? ) 
3.      Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana      ?  òOôÃòA ôÅò¿         (   Siapa kamu ? )
II. Kompetensi Dasar
1.      Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, kalimat) tentang              ?  òOôÃòA ôÅò¿  (   Siapa kamu ? ) 
2.      Memahami makna kata dan informasi tentang   ?  òOôÃòA ôÅò¿  (   Siapa kamu ? ) 
3.      Melakukan dialog sederhana tentang   ?  òOôÃòA ôÅò¿  (   Siapa kamu ? ) 
4.      Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang                    ?  òOôÃòA ôÅò¿  (   Siapa kamu ? ) 
5.      Melafalkan huruf hijaiah, kata, kalimat, dan wacana tertulis tentang                                  ?  òOôÃòA ôÅò¿  (   Siapa kamu ? ) 
6.      Menemukan makna, gagasan, atau ide wacana tertulis tentang                                           ?  òOôÃòA ôÅò¿  (   Siapa kamu ? ) 
7.      Menyalin kata, kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang  :    ?  òOôÃòA ôÅò¿  (   Siapa kamu ? ) 

III. Indikator
1.      Mampu mengidentifikasi gagasan utama dari teks yang dibacakan/diucapkan
2.      Mampu menceritakan kondisi lingkungan rumah kepada orang lain
3.      Mampu melakukan dialog sederhana tentang  ?  òOôÃòA ôÅò¿  (   Siapa kamu ? ) 
4.      Mampu menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang :    ?  òOôÃòA ôÅò¿  (   Siapa kamu ? ) 
5.      Mampu membaca bacaan tentang  ?  òOôÃòA ôÅò¿  (   Siapa kamu ? ) 
6.      Mampu menangkap makna, gagasan, atau ide dalam bacaan tentang   ?  òOôÃòA ôÅò¿         (   Siapa kamu ? )
7.      Mampu menulis kalimat  ?  òOôÃòA ôÅò¿  (   Siapa kamu ? )    dengan pemenggalan dan ejaan  yang tepat


IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu memahami teks berbahasa Arab serta dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru dan teman dalam bahasa Arab terkait dengan tema     ?  òOôÃòA ôÅò¿  (   Siapa kamu ? ) 

V. Materi Ajar
1. Hafalan kata-kata (mufradat) tentang   ?  òOôÃòA ôÅò¿  (   Siapa kamu ? ) 
2. Bacaan guru tentang   ?  òOôÃòA ôÅò¿  (   Siapa kamu ? ) 
3. Percakapan tentang   ?  òOôÃòA ôÅò¿  (   Siapa kamu ? ) 
4. Bacaan siswa tentang   ?  òOôÃòA ôÅò¿  (   Siapa kamu ? ) 
5. Latihan menulis dan menerjemahkan kalimat-kalimat tentang   ?  òOôÃòA ôÅò¿              (   Siapa kamu ? ) 
  
VI. Metode Pembelajaran
1.   Contoh
2.   Tanya jawab
3.    Latihan
4.    Penugasan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
          1. Kegiatan Awal
a. Guru mengawali kegiatan dengan membaca basmalah dan berdoa  bersama.
b. Guru meminta siswa membaca teks bacaan dalam hati.
c. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai  teks bacaan yang dibacanya.
d. Guru mengarahkan siswa kepada suatu pemikiran mengenai tema  yang dimaksud dalam teks   bacaan.
          2. Kegiatan Inti
 a. Menyimak (Istimw‘)
1) Guru membaca teks dengan suara jelas di depan kelas.
2) Guru meminta siswa mendengarkan bacaannya dengan saksama.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan meminta siswa  menuliskan beberapa kalimat dari     teks yang dibacakannya. 
4) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan.
5) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai.
b. Berbicara (Mupwdafah)
1) Guru meminta siswa membaca teks percakapan di dalam hati.
2) Guru menjelaskan inti sari teks percakapan kepada siswa secara  singkat.
3) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pronunciation (pelafalan) yang tepat.
4) Guru meminta beberapa siswa mempraktikkan percakapan di depan kelas sesuai dengan jumlah tokoh yang ada dalam bacaan.
5) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks  percakapan.
6) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh  melengkapi percakapan dengan kata yang sesuai.
7) Guru meminta siswa membuat percakapan mengenai situasi  yang disediakan.
8) Setelah selesai, guru meminta siswa memerankan percakapan  yang telah dibuatnya.
 c. Membaca (Qirw’ah)
1) Guru meminta siswa membaca teks qirw’ah dalam hati.
2) Guru membimbing siswa untuk menemukan kalimat utama  dan kalimat-kalimat penjelas pada tiap paragraf teks.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan mengarahkan siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan dari bacaan.
4) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring  dengan pelafalan yang tepat.
5) Guru meminta siswa membuat kalimat dengan kata-kata yang  disediakan.
6) Guru meminta siswa menceritakan keadaan rumahnya dengan  bahasa yang baik dan benar.
d. Menulis (Kitwbah)
1) Guru meminta siswa menyusun kata-kata dari sebuah kalimat  yang urutannya telah diacak    menjadi sebuah kalimat yang  sempurna.
    2) Guru meminta siswa melengkapi kalimat dengan kata yang   sesuai.
    3) Guru meminta siswa menyusun kalimat yang sempurna dari  sebuah kata yang telah disediakan.
    4) Guru meminta siswa menerjemahkan kalimat dalam bahasa  Arab ke dalam bahasa Indonesia    atau sebaliknya. 
 3. Kegiatan Akhir
  a. Melakukan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan belajar.
  b. Guru mengajak siswa mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan  tema
  c. Guru meminta siswa membuat portofolio yang berisi rangkuman  mengenai hal-hal yang telah          mereka pelajari dan yang telah mereka  pahami.
VIII. Sumber/Bahan/Alat
1.      Buku Bahasa Arab SD/ MI  Sunaryo Putro Terbitan Pustaka Insani Madani .Jl Maguwoharjo Depok Sleman Jogjakarta
2.      White board,spidol,karton untuk gambar buku bahasa arab kelas Tiga
3.      Buku – buku lain yang relevan .
IX. Penilaian/Bentuk Evaluasi
a. Tes Lisan
     Siswa diminta menjelaskan tentang pepohonan hijau   dengan lancar.
b. Tes Tertulis
     Guru memberikan beberapa soal tertulis tentang pepohonan hijau  yang
telah dipelajari.


     Batang ,10 Agustus  2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Permata Hati                                                   Guru Bahasa Arab
           




Suharti. SPd                                                                                        Nur SalimALH,SHI
















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah             : SDIT Permata Hati Batang
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Kelas/Semester            : III / II
Tema                           :   ôÂBúÍòÞôAò   (   Hari hari ) 
Pertemuan Ke-            :
Alokasi Waktu            : 6  jam pelajaran (6 × 30 menit)

I. Standar Kompetensi
1.      Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau dialog tentang      ôÂBúÍòÞôAò   (   Hari hari ) 
2.      Memahami wacana tertulis tentang    ôÂBúÍòÞôAò   (   Hari hari ) 
3.      Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana                      ôÂBúÍòÞôAò   (   Hari hari ) 
II. Kompetensi Dasar
1.      Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, kalimat) tentang    ôÂBúÍòÞôAò   (   Hari hari ) 
2.      Memahami makna kata dan informasi tentang    ôÂBúÍòÞôAò   (   Hari hari ) 
3.      Melakukan dialog sederhana tentang    ôÂBúÍòÞôAò   (   Hari hari ) 
4.      Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang                     ôÂBúÍòÞôAò   (   Hari hari ) 
5.      Melafalkan huruf hijaiah, kata, kalimat, dan wacana tertulis tentang                                   ôÂBúÍòÞôAò   (   Hari hari ) 
6.      Menemukan makna, gagasan, atau ide wacana tertulis tentang                                            ôÂBúÍòÞôAò   (   Hari hari ) 
7.      Menyalin kata, kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang  :      ôÂBúÍòÞôAò   (   Hari hari ) 
III. Indikator
1.      Mampu mengidentifikasi gagasan utama dari teks yang dibacakan/diucapkan
2.      Mampu menceritakan kondisi lingkungan rumah kepada orang lain
3.      Mampu melakukan dialog sederhana tentang   ôÂBúÍòÞôAò   (   Hari hari ) 
4.      Mampu menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang :      ôÂBúÍòÞôAò   (   Hari hari ) 
5.      Mampu membaca bacaan tentang   ôÂBúÍòÞôAò   (   Hari hari ) 
6.      Mampu menangkap makna, gagasan, atau ide dalam bacaan tentang     ôÂBúÍòÞôAò   (   Hari hari )
7.      Mampu menulis kalimat   ôÂBúÍòÞôAò   (   Hari hari )  dengan pemenggalan dan ejaan  yang tepat



IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu memahami teks berbahasa Arab serta dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru dan teman dalam bahasa Arab terkait dengan tema      ôÂBúÍòÞôAò   (   Hari hari ) 
V. Materi Ajar
1. Hafalan kata-kata (mufradat) tentang    ôÂBúÍòÞôAò   (   Hari hari ) 
2. Bacaan guru tentang    ôÂBúÍòÞôAò   (   Hari hari ) 
3. Percakapan tentang    ôÂBúÍòÞôAò   (   Hari hari ) 
4. Bacaan siswa tentang    ôÂBúÍòÞôAò   (   Hari hari ) 
5. Latihan menulis dan menerjemahkan kalimat-kalimat tentang                                  ôÂBúÍòÞôAò   (   Hari hari )             
VI. Metode Pembelajaran
1.   Contoh
2.   Tanya jawab
3.    Latihan
4.    Penugasan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
          1. Kegiatan Awal
a. Guru mengawali kegiatan dengan membaca basmalah dan berdoa  bersama.
b. Guru meminta siswa membaca teks bacaan dalam hati.
c. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai  teks bacaan yang dibacanya.
d. Guru mengarahkan siswa kepada suatu pemikiran mengenai tema  yang dimaksud dalam teks   bacaan.
          2. Kegiatan Inti
 a. Menyimak (Istimw‘)
1) Guru membaca teks dengan suara jelas di depan kelas.
2) Guru meminta siswa mendengarkan bacaannya dengan saksama.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan meminta siswa  menuliskan beberapa kalimat dari     teks yang dibacakannya. 
4) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan.
5) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai.
b. Berbicara (Mupwdafah)
1) Guru meminta siswa membaca teks percakapan di dalam hati.
2) Guru menjelaskan inti sari teks percakapan kepada siswa secara  singkat.
3) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pronunciation (pelafalan) yang tepat.
4) Guru meminta beberapa siswa mempraktikkan percakapan di depan kelas sesuai dengan jumlah tokoh yang ada dalam bacaan.
5) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks  percakapan.
6) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh  melengkapi percakapan dengan kata yang sesuai.
7) Guru meminta siswa membuat percakapan mengenai situasi  yang disediakan.
8) Setelah selesai, guru meminta siswa memerankan percakapan  yang telah dibuatnya.
 c. Membaca (Qirw’ah)
1) Guru meminta siswa membaca teks qirw’ah dalam hati.
2) Guru membimbing siswa untuk menemukan kalimat utama  dan kalimat-kalimat penjelas pada tiap paragraf teks.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan mengarahkan siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan dari bacaan.
4) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring  dengan pelafalan yang tepat.
5) Guru meminta siswa membuat kalimat dengan kata-kata yang  disediakan.
6) Guru meminta siswa menceritakan keadaan rumahnya dengan  bahasa yang baik dan benar.
d. Menulis (Kitwbah)
1) Guru meminta siswa menyusun kata-kata dari sebuah kalimat  yang urutannya telah diacak    menjadi sebuah kalimat yang  sempurna.
    2) Guru meminta siswa melengkapi kalimat dengan kata yang   sesuai.
    3) Guru meminta siswa menyusun kalimat yang sempurna dari  sebuah kata yang telah disediakan.
    4) Guru meminta siswa menerjemahkan kalimat dalam bahasa  Arab ke dalam bahasa Indonesia    atau sebaliknya. 
 3. Kegiatan Akhir
  a. Melakukan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan belajar.
  b. Guru mengajak siswa mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan  tema
  c. Guru meminta siswa membuat portofolio yang berisi rangkuman  mengenai hal-hal yang telah          mereka pelajari dan yang telah mereka  pahami.
VIII. Sumber/Bahan/Alat
1.      Buku Bahasa Arab SD/ MI  Sunaryo Putro Terbitan Pustaka Insani Madani .Jl Maguwoharjo Depok Sleman Jogjakarta
2.      White board,spidol,karton untuk gambar buku bahasa arab kelas Tiga
3.      Buku – buku lain yang relevan .
IX. Penilaian/Bentuk Evaluasi
a. Tes Lisan
     Siswa diminta menjelaskan tentang pepohonan hijau   dengan lancar.
b. Tes Tertulis
     Guru memberikan beberapa soal tertulis tentang pepohonan hijau  yang
telah dipelajari.


      Batang ,10 Agustus  2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Permata Hati                                                   Guru Bahasa Arab
           




Suharti. SPd                                                                                        Nur SalimALH,SHI


















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah             : SDIT Permata Hati Batang
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Kelas/Semester            : III / II
Tema                           :   øÒ@@úÎø¿òÝômøÞôA óiôÌóÈûr»Aò  (   Bulan – bulan Islam  ) 
Pertemuan Ke-            :
Alokasi Waktu            : 6  jam pelajaran (6 × 30 menit)

I. Standar Kompetensi
1.      Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau dialog tentang      øÒ@@úÎø¿òÝômøÞôA óiôÌóÈûr»Aò  (   Bulan – bulan Islam  ) 
2.      Memahami wacana tertulis tentang    øÒ@@úÎø¿òÝômøÞôA óiôÌóÈûr»Aò  (   Bulan – bulan Islam  ) 
3.      Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana                      øÒ@@úÎø¿òÝômøÞôA óiôÌóÈûr»Aò  (   Bulan – bulan Islam  ) 
II. Kompetensi Dasar
1.      Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, kalimat) tentang    øÒ@@úÎø¿òÝômøÞôA óiôÌóÈûr»Aò  (   Bulan – bulan Islam  ) 
2.      Memahami makna kata dan informasi tentang    øÒ@@úÎø¿òÝômøÞôA óiôÌóÈûr»Aò  (   Bulan – bulan Islam  ) 
3.      Melakukan dialog sederhana tentang    øÒ@@úÎø¿òÝômøÞôA óiôÌóÈûr»Aò  (   Bulan – bulan Islam  ) 
4.      Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang                     øÒ@@úÎø¿òÝômøÞôA óiôÌóÈûr»Aò  (   Bulan – bulan Islam  ) 
5.      Melafalkan huruf hijaiah, kata, kalimat, dan wacana tertulis tentang                                   øÒ@@úÎø¿òÝômøÞôA óiôÌóÈûr»Aò  (   Bulan – bulan Islam  ) 
6.      Menemukan makna, gagasan, atau ide wacana tertulis tentang                                            øÒ@@úÎø¿òÝômøÞôA óiôÌóÈûr»Aò  (   Bulan – bulan Islam  ) 
7.      Menyalin kata, kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang  :      øÒ@@úÎø¿òÝômøÞôA óiôÌóÈûr»Aò  (   Bulan – bulan Islam  ) 
III. Indikator
1.      Mampu mengidentifikasi gagasan utama dari teks yang dibacakan/diucapkan
2.      Mampu menceritakan kondisi lingkungan rumah kepada orang lain
3.      Mampu melakukan dialog sederhana tentang   øÒ@@úÎø¿òÝômøÞôA óiôÌóÈûr»Aò  (   Bulan – bulan Islam  ) 
4.      Mampu menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang :      øÒ@@úÎø¿òÝômøÞôA óiôÌóÈûr»Aò  (   Bulan – bulan Islam  ) 
5.      Mampu membaca bacaan tentang   øÒ@@úÎø¿òÝômøÞôA óiôÌóÈûr»Aò  (   Bulan – bulan Islam  ) 
6.      Mampu menangkap makna, gagasan, atau ide dalam bacaan tentang       øÒ@@úÎø¿òÝômøÞôA óiôÌóÈûr»Aò  (   Bulan – bulan Islam  ) 
7.      Mampu menulis kalimat   øÒ@@úÎø¿òÝômøÞôA óiôÌóÈûr»Aò  (   Bulan – bulan Islam  )  dengan pemenggalan dan ejaan  yang tepat



IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu memahami teks berbahasa Arab serta dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru dan teman dalam bahasa Arab terkait dengan tema      øÒ@@úÎø¿òÝômøÞôA óiôÌóÈûr»Aò  (   Bulan – bulan Islam  ) 
V. Materi Ajar
1. Hafalan kata-kata (mufradat) tentang    øÒ@@úÎø¿òÝômøÞôA óiôÌóÈûr»Aò  (   Bulan – bulan Islam  )  2. Bacaan guru tentang    øÒ@@úÎø¿òÝômøÞôA óiôÌóÈûr»Aò  (   Bulan – bulan Islam  ) 
3. Percakapan tentang    øÒ@@úÎø¿òÝômøÞôA óiôÌóÈûr»Aò  (   Bulan – bulan Islam  ) 
4. Bacaan siswa tentang    øÒ@@úÎø¿òÝômøÞôA óiôÌóÈûr»Aò  (   Bulan – bulan Islam  ) 
5. Latihan menulis dan menerjemahkan kalimat-kalimat tentang                                 øÒ@@úÎø¿òÝômøÞôA óiôÌóÈûr»Aò  (   Bulan – bulan Islam  )             
VI. Metode Pembelajaran
1.   Contoh
2.   Tanya jawab
3.    Latihan
4.    Penugasan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
          1. Kegiatan Awal
a. Guru mengawali kegiatan dengan membaca basmalah dan berdoa  bersama.
b. Guru meminta siswa membaca teks bacaan dalam hati.
c. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai  teks bacaan yang dibacanya.
d. Guru mengarahkan siswa kepada suatu pemikiran mengenai tema  yang dimaksud dalam teks   bacaan.
          2. Kegiatan Inti
 a. Menyimak (Istimw‘)
1) Guru membaca teks dengan suara jelas di depan kelas.
2) Guru meminta siswa mendengarkan bacaannya dengan saksama.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan meminta siswa  menuliskan beberapa kalimat dari     teks yang dibacakannya. 
4) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan.
5) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai.
b. Berbicara (Mupwdafah)
1) Guru meminta siswa membaca teks percakapan di dalam hati.
2) Guru menjelaskan inti sari teks percakapan kepada siswa secara  singkat.
3) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pronunciation (pelafalan) yang tepat.
4) Guru meminta beberapa siswa mempraktikkan percakapan di depan kelas sesuai dengan jumlah tokoh yang ada dalam bacaan.
5) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks  percakapan.
6) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh  melengkapi percakapan dengan kata yang sesuai.
7) Guru meminta siswa membuat percakapan mengenai situasi  yang disediakan.
8) Setelah selesai, guru meminta siswa memerankan percakapan  yang telah dibuatnya.
 c. Membaca (Qirw’ah)
1) Guru meminta siswa membaca teks qirw’ah dalam hati.
2) Guru membimbing siswa untuk menemukan kalimat utama  dan kalimat-kalimat penjelas pada tiap paragraf teks.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan mengarahkan siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan dari bacaan.
4) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring  dengan pelafalan yang tepat.
5) Guru meminta siswa membuat kalimat dengan kata-kata yang  disediakan.
6) Guru meminta siswa menceritakan keadaan rumahnya dengan  bahasa yang baik dan benar.
d. Menulis (Kitwbah)
1) Guru meminta siswa menyusun kata-kata dari sebuah kalimat  yang urutannya telah diacak    menjadi sebuah kalimat yang  sempurna.
    2) Guru meminta siswa melengkapi kalimat dengan kata yang   sesuai.
    3) Guru meminta siswa menyusun kalimat yang sempurna dari  sebuah kata yang telah disediakan.
    4) Guru meminta siswa menerjemahkan kalimat dalam bahasa  Arab ke dalam bahasa Indonesia    atau sebaliknya. 
 3. Kegiatan Akhir
  a. Melakukan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan belajar.
  b. Guru mengajak siswa mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan  tema
  c. Guru meminta siswa membuat portofolio yang berisi rangkuman  mengenai hal-hal yang telah          mereka pelajari dan yang telah mereka  pahami.
VIII. Sumber/Bahan/Alat
1.      Buku Bahasa Arab SD/ MI  Sunaryo Putro Terbitan Pustaka Insani Madani .Jl Maguwoharjo Depok Sleman Jogjakarta
2.      White board,spidol,karton untuk gambar buku bahasa arab kelas Tiga
3.      Buku – buku lain yang relevan .
IX. Penilaian/Bentuk Evaluasi
a. Tes Lisan
     Siswa diminta menjelaskan tentang pepohonan hijau   dengan lancar.
b. Tes Tertulis
     Guru memberikan beberapa soal tertulis tentang pepohonan hijau  yang
telah dipelajari.


     Batang ,10 Agustus  2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Permata Hati                                                   Guru Bahasa Arab
           




Suharti. SPd                                                                                        Nur SalimALH,SHI















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah             : SDIT Permata Hati Batang
Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Kelas/Semester            : III / II
Tema                           :   2 óeAòfò¨@@ô»Aò  (   Bilangan 2  ) 
Pertemuan Ke-            :
Alokasi Waktu            : 6  jam pelajaran (6 × 30 menit)

I. Standar Kompetensi
1.      Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau dialog tentang      2 óeAòfò¨@@ô»Aò  (   Bilangan 2  ) 
2.      Memahami wacana tertulis tentang    2 óeAòfò¨@@ô»Aò  (   Bilangan 2  ) 
3.      Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana                      2 óeAòfò¨@@ô»Aò  (   Bilangan 2  ) 
II. Kompetensi Dasar
1.      Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiah dan ujaran (kata, kalimat) tentang    2 óeAòfò¨@@ô»Aò  (   Bilangan 2  ) 
2.      Memahami makna kata dan informasi tentang    2 óeAòfò¨@@ô»Aò  (   Bilangan 2  ) 
3.      Melakukan dialog sederhana tentang    2 óeAòfò¨@@ô»Aò  (   Bilangan 2  ) 
4.      Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang                     2 óeAòfò¨@@ô»Aò  (   Bilangan 2  ) 
5.      Melafalkan huruf hijaiah, kata, kalimat, dan wacana tertulis tentang                                   2 óeAòfò¨@@ô»Aò  (   Bilangan 2  ) 
6.      Menemukan makna, gagasan, atau ide wacana tertulis tentang                                            2 óeAòfò¨@@ô»Aò  (   Bilangan 2  ) 
7.      Menyalin kata, kalimat, dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang  :      2 óeAòfò¨@@ô»Aò  (   Bilangan 2  ) 
III. Indikator
1.      Mampu mengidentifikasi gagasan utama dari teks yang dibacakan/diucapkan
2.      Mampu menceritakan kondisi lingkungan rumah kepada orang lain
3.      Mampu melakukan dialog sederhana tentang   2 óeAòfò¨@@ô»Aò  (   Bilangan 2  ) 
4.      Mampu menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang :      2 óeAòfò¨@@ô»Aò  (   Bilangan 2  ) 
5.      Mampu membaca bacaan tentang   2 óeAòfò¨@@ô»Aò  (   Bilangan 2  ) 
6.      Mampu menangkap makna, gagasan, atau ide dalam bacaan tentang   2 óeAòfò¨@@ô»Aò  (   Bilangan 2  ) 
7.      Mampu menulis kalimat   2 óeAòfò¨@@ô»Aò  (   Bilangan 2  )  dengan pemenggalan dan ejaan  yang tepat




IV. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa mampu memahami teks berbahasa Arab serta dapat berinteraksi secara lisan dan tertulis dengan guru dan teman dalam bahasa Arab terkait dengan tema      2 óeAòfò¨@@ô»Aò  (   Bilangan 2  ) 

V. Materi Ajar
1. Hafalan kata-kata (mufradat) tentang    2 óeAòfò¨@@ô»Aò  (   Bilangan 2  ) 
2. Bacaan guru tentang    2 óeAòfò¨@@ô»Aò  (   Bilangan 2  ) 
3. Percakapan tentang    2 óeAòfò¨@@ô»Aò  (   Bilangan 2  ) 
4. Bacaan siswa tentang    2 óeAòfò¨@@ô»Aò  (   Bilangan 2  ) 
5. Latihan menulis dan menerjemahkan kalimat-kalimat tentang                                 2 óeAòfò¨@@ô»Aò  (   Bilangan 2  ) 
VI. Metode Pembelajaran
1.   Contoh
2.   Tanya jawab
3.    Latihan
4.    Penugasan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
          1. Kegiatan Awal
a. Guru mengawali kegiatan dengan membaca basmalah dan berdoa  bersama.
b. Guru meminta siswa membaca teks bacaan dalam hati.
c. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa mengenai  teks bacaan yang dibacanya.
d. Guru mengarahkan siswa kepada suatu pemikiran mengenai tema  yang dimaksud dalam teks   bacaan.
          2. Kegiatan Inti
 a. Menyimak (Istimw‘)
1) Guru membaca teks dengan suara jelas di depan kelas.
2) Guru meminta siswa mendengarkan bacaannya dengan saksama.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan meminta siswa  menuliskan beberapa kalimat dari     teks yang dibacakannya. 
4) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan.
5) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh melengkapi
kalimat dengan kata yang sesuai.
b. Berbicara (Mupwdafah)
1) Guru meminta siswa membaca teks percakapan di dalam hati.
2) Guru menjelaskan inti sari teks percakapan kepada siswa secara  singkat.
3) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring dengan pronunciation (pelafalan) yang tepat.
4) Guru meminta beberapa siswa mempraktikkan percakapan di depan kelas sesuai dengan jumlah tokoh yang ada dalam bacaan.
5) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan teks  percakapan.
6) Guru memberikan latihan kepada siswa dengan menyuruh  melengkapi percakapan dengan kata yang sesuai.
7) Guru meminta siswa membuat percakapan mengenai situasi  yang disediakan.
8) Setelah selesai, guru meminta siswa memerankan percakapan  yang telah dibuatnya.
 c. Membaca (Qirw’ah)
1) Guru meminta siswa membaca teks qirw’ah dalam hati.
2) Guru membimbing siswa untuk menemukan kalimat utama  dan kalimat-kalimat penjelas pada tiap paragraf teks.
3) Guru memeriksa pemahaman siswa dengan mengarahkan siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan dari bacaan.
4) Guru meminta siswa bergiliran membaca teks secara nyaring  dengan pelafalan yang tepat.
5) Guru meminta siswa membuat kalimat dengan kata-kata yang  disediakan.
6) Guru meminta siswa menceritakan keadaan rumahnya dengan  bahasa yang baik dan benar.
d. Menulis (Kitwbah)
1) Guru meminta siswa menyusun kata-kata dari sebuah kalimat  yang urutannya telah diacak    menjadi sebuah kalimat yang  sempurna.
    2) Guru meminta siswa melengkapi kalimat dengan kata yang   sesuai.
    3) Guru meminta siswa menyusun kalimat yang sempurna dari  sebuah kata yang telah disediakan.
    4) Guru meminta siswa menerjemahkan kalimat dalam bahasa  Arab ke dalam bahasa Indonesia    atau sebaliknya. 
 3. Kegiatan Akhir
  a. Melakukan refleksi tentang proses dan hasil kegiatan belajar.
  b. Guru mengajak siswa mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan  tema
  c. Guru meminta siswa membuat portofolio yang berisi rangkuman  mengenai hal-hal yang telah          mereka pelajari dan yang telah mereka  pahami.
VIII. Sumber/Bahan/Alat
1.      Buku Bahasa Arab SD/ MI  Sunaryo Putro Terbitan Pustaka Insani Madani .Jl Maguwoharjo Depok Sleman Jogjakarta
2.      White board,spidol,karton untuk gambar buku bahasa arab kelas Tiga
3.      Buku – buku lain yang relevan .
IX. Penilaian/Bentuk Evaluasi
a. Tes Lisan
     Siswa diminta menjelaskan tentang pepohonan hijau   dengan lancar.
b. Tes Tertulis
     Guru memberikan beberapa soal tertulis tentang pepohonan hijau  yang
telah dipelajari.


       Batang ,10 Agustus  2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDIT Permata Hati                                                   Guru Bahasa Arab
           




Suharti. SPd                                                                                        Nur SalimALH,SHI